-->
Mengenal Pulau Weh Di Titik 0 Kilometer Indonesia

Mengenal Pulau Weh Di Titik 0 Kilometer Indonesia

instagram.com/yusri_mantong

Indonesia di kenal dunia dari beraneka ragam budaya dan pariwisatanya, mulai dari sabang sampai Marauke. Untuk di Sabang, kita akan menuju terlebih dahulu ke Pulau Weh (atau We), Pulau adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut Pulau Sumatra. Pulau ini pernah terhubung dengan Pulau Sumatra, namun kemudian terpisah oleh laut setelah meletusnya gunung berapi terakhir kali pada zaman Pleistosen. Pulau ini terletak di Laut Andaman. Kota terbesar di Pulau Weh, Sabang, adalah kota yang terletak paling barat di Indonesia. Pulau ini terkenal dengan ekosistemnya. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik ke dalam maupun ke luar sebagai suaka alam. Hiu bermulut besar dapat ditemukan di pantai pulau ini. Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam, Bufo valhallae (genus Bufo). Terumbu karang di sekitar pulau diketahui sebagai habitat berbagai spesies ikan.

Di dalam kawasan TWA Pulau Weh, Anda juga dapat menemukan Tugu Nol Kilometer yang terletak di ujung Pulau Weh. Tidak hanya itu, Selain memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, pengunjung pun akan dibuat terkagum-kagum dengan gua-gua alam yang digunakan untuk pertahanan tentara Jepang pada Perang Dunia II. Tidak jelas dari mana asal-usulnya, Pulau Weh juga disebut sebagai pulau legenda yang memiliki nama lain “Golden Island”.

Untuk anda yang mau menuju ke Pulau Weh tidaklah terlalu sulit. Untuk berkunjung ke Pulau Weh ini Anda bisa menumpang kapal fery dari Kota Banda Aceh dan dapat ditempuh sekitar 2 jam. Bila Anda sudah tidak sabar ingin segera tiba di tempat tujuan, Anda bisa menumpang kapal cepat. Hanya, tarif yang harus Anda bayar menjadi lebih tinggi. Untuk dapat menikmati “surga” Pulau Weh ini, Anda hanya perlu merogoh kantong kira-kira Rp. 300.000,- untuk menyelam dan sekitar Rp. 50.000,- untuk sekedar snorkelling di sana, harga yang sangat terjangkau untuk keindahan alam yang super mewah. Tak hanya itu, beberapa fasilitas dan akomodasi yang akan Anda temukan di sekitar Taman Wisata Alam Pulau Weh adalah pondok-pondok penginapan di sekitar Pantai Iboih yang dibangun oleh masyarakat, shelter, MCK, masjid, kios cendera mata dan hotel yang terdapat di Gapang. Selain itu terdapat juga berbagai fasilitas yang berada di Pulau Rubiah yang dibangun oleh Dinas Pariwisata Dati I D.I. Aceh antara lain yaitu pusat kegiatan menyelam yang dilengkapi dengan fasilitasnya (perahu motor dan peralatan selam), mushola, shelter, MCK, rumah jaga, menara pengawas, jalan setapak, dan taman. 

Untu masalah penginapan, meskipun belum terlalu populer di kalangan wisatawan Indonesia, bukan berarti di Pulau Weh jumlah penginapan murahnya masih terbatas. Ada banyak penginapan dengan harga bersahabat yang bisa kamu temukan di pulau ini. Penginapan-penginapan tersebar di berbagai daerah seperti: Balohan, Sabang, Iboih, Gapang, Sumur 3, serta beberapa daerah lainnya.
Untuk penginapan sendiri ada yang dibuka dengan harga Rp.40.000/malam dengan fasilitas kipas angin dan kamar (super) standar. Naik kelas sedikit ada penginapan kelas melati yang dibanderol dengan harga ratusan ribu dengan fasilitas AC dan kamar mandi dalam.

Lokasi Pulau Weh Dalam Peta

0 Response to "Mengenal Pulau Weh Di Titik 0 Kilometer Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel