-->
Pulau Sikuai "Sicantik" Yang Terbaikan Dari Sumatera Barat

Pulau Sikuai "Sicantik" Yang Terbaikan Dari Sumatera Barat


Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang terletak di sisi barat pulau Sumatera. Secara administrasi pemerintahan, pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang, provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Pulau ini terletak sekitar setengah mil laut dari pusat kota dan dapat dicapai dengan menggunakan transportasi laut seperti kapal, melalui pelabuhan Muara dalam waktu tempuh sekitar 45 menit dan dari dermaga Airud Bungus dalam waktu tempuh sekitar 35 menit.

Pulau Sikuai Padang pernah menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan asing di Sumatera Barat. Pulau ini pun pertama kali dikembangkan sebagai destinasi wisata pada tahun 1994. Pada saat itu, mayoritas yang datang ke tempat ini adalah para wisatawan asing. Terlebih fasilitasnya juga lengkap dan mewah.

Kini, Pulau Sikuai tampak berbeda. Bangunan-bangunan resort yang berjejer telah menjadi sarang kera atau monyet. Ya, resort Pulau Sikuai seperti tidak bertuan. Lepas dari gempa bumi di Kota Padang  2009 yang lalu, pulau ini seperti tidak lagi menjanjikan. Ditambah konflik yang tidak berkesudahan antara pemerintah dengan pengelola swasta. Sampai saat sekarang, mungkin masyarakat hanya mendengar desas-desus perseteruan tersebut, tetapi sama sekali tidak mengetahui akar persoalan yang menyebabkan pulau ini tidak lagi tertata dengan baik.

Maps Pulau Sikui:

0 Response to "Pulau Sikuai "Sicantik" Yang Terbaikan Dari Sumatera Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel