-->
Wakatobi Dan "Surga-nya" Bawah Laut Yang Menawan

Wakatobi Dan "Surga-nya" Bawah Laut Yang Menawan


Taman Nasional Wakatobi (TNW) merupakan salah satu dari sedikit dan terluas taman nasional laut di Indonesia. Terumbu karang dan ikan termasuk sumberdaya penting yang menjadi fokus pengelolaan TNW. Ekosistem terumbu karang dinilai sebagai ekosistem laut pantai yang sangat produktif yang dapat ditemui di perairan tropis (Supriharyono 2007). Secara ekologis terumbu karang memegang peranan penting sebagai habitat komunitas ikan karang yang menjadi target tangkapan nelayan. Masyarakat nelayan dalam kawasan TNW telah menggantungkan kelangsungan hidupnya pada sumberdaya ini sejak zaman dahulu.

Pemanfaatan yang dilakukan selama ini adalah penangkapan ikan dan pengambilan batu karang oleh masyarakat secara tradisional. Apabila kegiatan ini tidak dikelola secara arif maka cenderung akan berkembang ke arah ekploitasi yang berlebihan. Hal ini akan mengancam kelestarian sumberdaya yang pada gilirannya akan mempengaruhi kehidupan masyarakat sekitar juga.

Jika belum pernah ke Wakatobi, wajar bila merasa bingung akan tempat wisata mana yang bagus untuk tempat bermain, maka Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi adalah yang pertama direkomendasikan di sini. Inilah spot taman laut yang mempunyai beragam spesies dari 25 gugusan terumbu karang yang tersebar di seluruh daerah Wakatobi.

Karena keunggulan tersebutlah maka tidak heran kalau Wakatobi dijadikan tempat favorit bagi para pengunjung untuk melakukan kegiatan-kegiatan seru, seperti berenang, snorkeling, memancing dan diving. Dengan kondisi air laut yang begitu jernih, snorkeling pun sudah sangat cukup untuk dapat melihat apa saja yang ada di dalamnya, atau ber-diving ria untuk mendapatkan penampakan bawah laut yang lebih jelas.

Bagi yang mencari spot snorkeling serta diving yang terdekat, maka para pengunjung bisa langsung mendatangi karang Pulau Kapota dengan cara menyeberanginya selama kurang lebih setengah jam saja. Alternatifnya, silakan menuju ke area pelabuhan kapal ferry yang berada di belakang Hotel Wakatobi, di kawasan Patuno Resort, Pantai Sousu. Para pengunjung yang ingin diving boleh tenang karena telah tersedia para pemandu selam yang profesional untuk mendampingi. Para wisatawan pun akan diantar untuk melakukan diving di lokasi penyelaman paling baik yang ada di Wakatobi.


Ada satu pulau yang cukup terkenal dan menjadi lokasi favorit bagi para penyelam profesional yang berasal dari dalam dan juga luar negeri, yaitu Pulau Hoga yang letaknya tidaklah jauh dari Pulau Kaledupa. Keindahan dunia bawah lautnya memang luar biasa sehingga tidak salah bila penyelam-penyelam dari luar negeri pun menyukainya. Jadi, untuk pengalaman diving yang lebih menyenangkan, cobalah untuk datang ke Pulau Hoga.

0 Response to "Wakatobi Dan "Surga-nya" Bawah Laut Yang Menawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel